Saturday, September 15, 2012

Inilah Cara Mencegah Kerontokan Rambut


Ilustrasi. (itchyscalphairloss.net)
Ilustrasi. (itchyscalphairloss.net)
Rambut rontok hingga 100 helai per hari adalah hal yang wajar.

Kerontokan rambut adalah hal yang wajar. Rambut yang rontok hingga 100 helai per hari adalah hal yang wajar. Tapi jika kerontokan yang Anda alami lebih dari angka tersebut, berarti kerontokan tersebut sudah diluar batas kewajaran yang bisa menjadi awal dari terjadinya kebotakan.

Tapi tak perlu khawatir, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah kerontokan rambut.

Berikut merupakan cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kerontokan rambut.

1. Mengonsumsi tambahan Vitamin C dan zat besi
Kerontokan rambut bisa terjadi karena kekurangan zat besi menurnkan kadar sel darah merah. Padahal sel darah merah itu amat penting bagi kesehatan folikel rambut. Dengan mengonsumsi suplemen zat besi dengan Vitamin C yang membantu penyerapan zat besi menjadi metode murah yang efektif mencegah kerontokan rambut.

2. Mengubah pola makan
Mengonsumsi makanan yang kaya asam lemak Omega 3 seperti ikan salmon dan sarden dua atau tiga kali seminggu menjadi metode yang bisa dilakukan untuk mencegah kerontokan rambut. Anda juga bisa mengonsumsi satu atau dua sendok biji rami sebagai alternatif.

3. Hindari pemanasan yang berlebihan pada rambut
Setel hair dyer Anda pada penyetelan dingin atau rendah serta minimalkan penggunaan setrika rambut. 

Jangan mewarnai rambut Anda dengan warna yang jauh lebih berbeda dengan warna normal rambut. Semakin drastis perubahan warna rambut, semakin banyak pula zat kimia yang dibutuhkan yang bisa menyebabkan rambut menjadi patah.

Jika Anda menggunakan jel rambut atau spray, jangan tunggu hingga mengering sebelum menyisirnya karena rambut akan mengeras dan lebih mudah patah atau putus.

4. Konsultasikan dengan dokter
Ada beberapa kondisi kesehatan yang bisa membuat terjadinya kerontokan rambut seperti stres, penyakit pada kelenjar gondok, anemia dan obat-obatan yang digunakan untuk penyakit jantung.

Bicarakan dengan dokter jika rambut Anda menjadi tidak normal untuk memastikan itu bukan menjadi salah satu masalah kerontokan rambut.

5. Periksa garis keturunan
Kerontokan rambut yang umum terjadi adalah dari garis keturunan. Jika ibu atau ayah Anda mengalami kerontokan rambut, Anda bisa mencegahnya dengan mengonsumsi banyak asam lemak Omega 3 atau suplemen minyak ikan. Pencegahan juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi lebih banyak ikan dan biji rami dalam menu makan Anda.
◄ Posting Baru Posting Lama ►
 

Copyright © 2012. dunia cyber - All Rights Reserved B-Seo Versi 3 by Ivanz